Kamis, 10 Januari 2013

Fadhilah Surat Al-Mulk

Assalamu'alaikum wr.wb.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang fadhilah surat Al-Mulk.

Ada satu surat di dalam alqur’an yang dapat memasukan kita kedalam surga.surat itu adalah al-mulk (kerajaan)
adapun jumlah keseluruhannya 30 ayat dan disebut surat makkiyah.
Nabi saw.bersabda:
hiyal maani’atu hiyal munjiyatu tunjii min ‘adzaabil qabri,ya’nii tabaaraka.
yang artinya:”Dialah yang menghalangi (sebagai penghalang)dan dialah sebagai penyelamat,yang menyelamat kan dari siksa kubur,adalah tabaarak”(HR.Tirmidzi dan ibnu abbas)

Hadits yang membahas tentang surat ini:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَبَّاسٍ الْجُشَمِىِّ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِىَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِى بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan pada kami Muhammad bin Ja’far, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Qotadah, dari ‘Abbas Al Jusyamiy, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Ada suatu surat dari al qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: “Tabaarakalladzii biyadihil mulku… (surat Al Mulk)” (HR. Tirmidzi no. 2891, Abu Daud no. 1400, Ibnu Majah no. 3786, dan Ahmad 2/299).
أخبرنا عبيد الله بن عبد الكريم وقال حدثنا محمد بن عبيد الله أبو ثابت المدني قال حدثنا بن أبي حازم عن سهيل بن أبي صالح عن عرفجة بن عبد الواحد عن عاصم بن أبي النجود عن زر عن عبد الله بن مسعود قال : من قرأ { تبارك الذي بيده الملك } كل ليلة منعه الله بها من عذاب القبر وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه و سلم نسميها المانعة وإنها في كتاب الله سورة من قرأ بها في كل ليلة فقد أكثر وأطاب

Telah menceritakan pada kami ‘Ubaidullah bin ‘Abdil Karim, ia berkata, telah menceritakan pada kami Muhammad bin ‘Ubaidillah Abu Tsabit Al Madini, ia berkata, telah menceritakan pada kami Ibnu Abi Hazim, dari Suhail bin Abi Sholih, dari ‘Arfajah bin ‘Abdul Wahid, dari ‘Ashim bin Abin Nujud, dari Zarr, dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata,“Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “al Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim. Hakim mengatakan bahwa sanad hadits tersebut shahih.
Keutamaan surat ini:
1.Dapat memasukan pembacanya ke dalam surga.
2.Dapat menolak fitnah
3.Orang yang membaca al-mulk seperti orang yang menemui lailatul qadar
4.Dapat memberi syafaat dan melebur dosa pembacanya
5.Dikabulkan hajat nya
6.Dapat menolong orang yang ada di dalam kubur.
Bacalah surat ini minimal satu kali dalam sehari, insya allah surat ini dapat memberikan kita manfaat dan keselamatan dari siksa kubur. Tapi ingat jangan hanya mengandalkan surat ini, barengilah dengan ibadah yang lain juga.
Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, aamiin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar